18 PULAU YANG PALING DIPEREBUTKAN DI DUNIA TERKAIT PANGKALAN MILITER

swains-island
Sengketa pulau masih mendominasi konflik antar negara. Banyak pulau-pulau terpencil tanpa berpenghuni kemudian diklaim banyak negara dan menjadi sumber masalah. Beberapa pulau dalam situasi tegang, beberapa lagi sudah memunculkan perang. Dan berikut 18 Pulau yang paling dikonflikkan di dunia
PULAU HANS
hand
Kanada dan Denmark sedang mondar-mandir di atas sebuah pulau kecil di Selat Kennedy, yang memisahkan Kanada Ellsmere Pulau dari Greenland. Sengketa ini muncul tahun 1980-an ketika Kanada dan Denmark melancarkan “Pertempuran Botol,” di mana angkatan laut Kanada dan Denmark akan mengunjungi pulau dan meninggalkan botol Canadian Club wiski dan Akvavit, minuman keras Skandinavia, untuk menandai mereka wilayah.
Hal menggenjot produksinya di awal 2000-an ketika armada Denmark turun di pulau dan ditanam bendera di tanah, sebuah langkah yang membuat marah Kanada. Pada bulan Juli 2005, Kanada menanggapi dengan “Latihan Frozen Beaver,” di mana mereka mendirikan bendera 12-kaki. Hingga kemudian ada pernyataan penyelesaian sengketa akan dilakukan dalam pembicaraan.

SENKAKU/DIAOYU
senkaku-japandiaoyu-china-islands
Diklaim oleh Jepang, China, dan Taiwan Pemerintah Jepang telah mengendalikan Senkaku sejak resmi mendudukui pulau pada tahun 1895. Tetapi China mengklaim adanya bukti pulau tersebut ada di bawah China sejak abad ke-14. Pulau-pulau yang tidak berpenghuni (satu digunakan oleh militer AS untuk latihan) tapi dikelilingi oleh lahan perikanan yang kaya.
Pada tahun 2010 sebuah kapal nelayan China dan kapal penjaga pantai Jepang bertabrakan di dekat pulau-pulau, berangkat pertikaian diplomatik yang serius di mana Beijing sementara membeku perdagangan dan pembicaraan tingkat menteri.
Sejak itu pulau ini telah menjadi pusat dari meningkatnya ketegangan antara dua negara tersebut.

KEPULAUAN PARACEL
paracel-islands
Diklaim oleh China, Taiwan dan Vietnam. Pulau-pulau Paracel adalah kelompok lebih dari 30 pulau, gumuk pasir, dan terumbu yang memiliki jarak sama sama ke Cina dan Vietnam. Mereka dihuni oleh kura-kura serta sejumlah kecil pasukan Cina.
Salah satu dari beberapa perselisihan di Laut Cina Selatan, bagian dari Kepulauan Paracel dikendalikan oleh China dan Vietnam Selatan sebelum ketegangan mendidih pada tahun 1974 dan konflik mengakibatkan 71 tentara yang tewas. Cina telah menguasai semua pulau sejak itu tapi Vietnam membantah klaim tersebut. China juga membangun lapangan terbang militer di Kepulauan Paracel.
SCARBOROUGH SHOAL
scarborough-shoal
Diklaim China, Taiwan, dan Filipina. Sebuah rantai pulau berbentuk segitiga terumbu dan batu terletak sekitar 140 mil timur Filipina (dan 400 mil barat daya Cina) di daerah yang kaya ikan. China dan Taiwan mengklaim bahwa orang-orang Cina menemukan kelompok pulau ini abad lalu dan ada sejarah panjang aktivitas nelayan Cina di daerah ini. Filipina mengklaim mereka telah menduduki pulau sejak memperoleh kemerdekaan pada tahun 1898 dan karena itu memiliki hak hukum untuk kawanan berdasarkan kriteria dalam metode halal akuisisi kedaulatan.
Ketegangan memuncak pada bulan April 2012 ketika sebuah pesawat pengintai Filipina melihat delapan kapal nelayan China merapat di lepas pantai dengan membawa secara ilegal, kerang raksasa, dan hiu hidup onboard. Ketika Filipina Angkatan Laut berusaha menangkap nelayan mereka diblokir oleh Cina Maritim Surveillance.
Kedua belah pihak kemudian memiliki kebuntuan sampai AS membantu menengahi kesepakatan bagi kedua belah pihak untuk menghapus pasukan mereka dari pulau itu sampai kesepakatan atas kepemilikannya bisa ditetapkan.
KEPULAUAN SPRATLY
spratly-islands
Klaim oleh Vietnam, Cina, Taiwan, Malaysia dan Filipina Kontak pertama dengan Kepulauan Spratly mungkin awak 600 SM, ketika orang-orang bermigrasi di Laut Cina Selatan. Sekitar abad ke-17, Cina dan Vietnam memetakan dan membuat klaim ke pulau-pulau, sama sekali tidak menyadari bahwa yang lain telah melakukan hal yang sama.
Aba Island adalah satu-satunya pulau ditempati dan satu-satunya yang memiliki pasokan air tawar – diklaim sebagai bagian dari Indochina Prancis pada tahun 1887, berubah menjadi pangkalan kapal selam oleh Jepang selama Perang Dunia II, dan ditempatkan di bawah administrasi Taiwan pada tahun 1946.
Aba tidak memiliki penduduk jangka panjang tetapi juga diklaim oleh China, Filipina, dan Vietnam karena lahan perikanan yang kaya dan cadangan potensial yang signifikan dari minyak dan gas alam.
Laporan terbaru menunjukkan bahwa Cina telah serius menggenjot upaya untuk mendirikan pangkalan militer di pulau-pulau yang disengketakan.
KEPULAUAN CHAGOS
chagos-islands
Klaim oleh Inggris dan Mauritius. Kepulauan Chagos adalah kelompok terpencil yang terdiri lebih dari 60 pulau tropis di Samudera Hindia. Daratan terdekat adalah Maladewa ke arah utara. Pulau-pulau telah menjadi bagian dari negara pulau Afrika Mauritus sampai abad ke-18 ketika pemukim Prancis mulai berdatangan. Pada tahun 1810, Perancis menyerahkan pulau untuk Inggris dan pada tahun 1965 Inggris membagi Chagos Archipelago jauh dari Mauritius untuk membentuk Teritorial Britania di Samudra Hindia.
Pada tahun 1971 Inggris menyewakan bagian dari pulau Diego Garcia ke Amerika Serikat untuk membangun sebuah pangkalan militer dan mengusir Chagossians asli yang tinggal di pulau. Hari ini, Diego Garcia adalah satu-satunya pulau di kepulauan Chagos yang dihuni.
PULAU CALERO
calero-island
Klaim oleh Nikaragua dan Kosta Rika. Nikaragua dan Kosta Rika telah berselisih kepemilikan Calero Pulau selama dua abad, tapi itu secara luas dianggap sebagai bagian dari Kosta Rika. Pada bulan November 2010 Nikaragua mulai pengerukan sekitar Calero berdasarkan perbatasan ditemukan di Google Maps, yang keliru berlabel Calero Pulau sebagai bagian dari Nikaragua. Nikaragua telah menolak untuk menarik pasukan dari tanah sengketa meskipun mengakui bahwa itu menduduki wilayah hanya karena kesalahan oleh Google Maps.
Pada bulan Maret 2011 Mahkamah Internasional Keadilan sementara memutuskan bahwa kedua negara harus menahan diri dari menjaga warga sipil, aparat keamanan atau polisi di pulau, tapi itu Kosta Rika dapat mengirim tim sipil yang bersangkutan dengan masalah lingkungan.
Sejak itu pulau terus berada di pusat meningkatnya ketegangan antara kedua negara Amerika Tengah, dengan tuduhan pelanggaran yang dilakukan oleh kedua belah pihak.
Sekarang Nikaragua dan Kosta Rika kembali di Mahkamah Internasional setelah Kosta Rika menuduh Nikaragua memiliki “dampak lingkungan raksasa” dari San Juan River, yang membentang di sepanjang sisi utara pulau, dari pengerukan itu dilakukan kembali 2010.

LIANCOURT ROCKS
dokodo
Klaim oleh Jepang dan Korea Selatan. Liancourt Rocks, yang dikenal sebagai Dokdo (pulau soliter ) di Korea dan Takeshima (pulau bambu) dalam bahasa Jepang, terdiri dari dua pulau utama dan 35 batu kecil di Laut Jepang.
Pada tanggal 14 April 2015, dua pertahanan dan keamanan atas pejabat dari Korea Selatan dan Jepang bertemu untuk tingkat tinggi pertama “dua-plus-dua” pembicaraan keamanan di lebih dari lima tahun, menurut Diplomat. Langkah ini dimaksudkan untuk menyambut sebuah pengurangan ketegangan antara negara-negara, tetapi pembicaraan dilaporkan memburuk ketika Jepang lagi menegaskan klaimnya atas Liancourt Rocks.
Kedua negara mengklaim pulau dari beberapa ratus tahun yang lalu. Menariknya, Korea Utara mendukung klaim Korea Selatan, meskipun masih secara teknis berada dalam perang dengan mereka.
GREATER AND LESSER TUNBS AND ABU MUSA
greater-and-lesser-tunbs-and-abu-musa
Diklaim Iran dan Uni Emirat Arab (UEA). Greater and Lesser Tunbs and Abu Musa adalah dua pulau kecil di Selat Hormuz yang telah diklaim oleh Persia dan Arab selama berabad-abad. Saat ini pulau yang dihuni kebanyakan oleh militer Iran.
Pada bulan April 2012, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengunjungi pulau Abu Musa, menjadi kepala Iran negara pertama yang melakukannya sejak Teheran mengambil alih pulau 41 tahun yang lalu. UEA kemudian menarik duta besarnya dari Teheran untuk konsultasi dan membatalkan pertandingan sepak bola persahabatan dengan Iran.
Pada KTT Liga Arab Maret 2015, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Marzieh Afkham menegaskan kembali kedaulatan Iran atas pulau-pulau, mengatakan, “pulau-pulau ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari wilayah Iran.”
KEPULAUAN KURIL
kuril-islands
Klaim oleh Jepang dan Rusia. Rusia dan Jepang sepakat pada 1855 bahwa Jepang memiliki pulau Etorofu dan Kunashiri. Tapi Rusia menyerbu pulau pada tahun 1945 dan mengusir penduduk Jepang.
Pasukan Rusia kemudian memasukan pulau itu sebagai wilayahnya, meskipun kedaulatan klaim oleh Jepang, yang menyebut mereka Wilayah Utara. Pada tahun 1951 Perjanjian Perdamaian San Francisco ditetapkan bahwa Jepang harus menyerah semua klaim ke pulau-pulau, tetapi tidak secara eksplisit mengakui klaim Uni Soviet. Jepang berpendapat bahwa beberapa pulau-pulau yang bukan bagian dari Kepulauan Kuril sehingga mereka tidak tercakup oleh perjanjian.
Pada tahun 2006, sebuah kapal patroli Rusia menembaki sebuah kapal nelayan Jepang menemukan secara ilegal di lepas pantai pulau-pulau yang disengketakan setelah kapal menentang beberapa perintah untuk menyerah. Salah satu nelayan Jepang tewas dalam perkelahian tersebut.
Pada bulan Februari 2015, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bersumpah untuk merebut kembali pulau-pulau dari kontrol Rusia.
KEPULAUAN FALKLAND
falkland-islands
Klaim oleh Inggris dan Argentina. Kepulauan Falkland terdiri East Falkland, West Falkland, dan 776 pulau-pulau kecil. Ibukota dan satunya kota adalah Stanley (populasi: 2.115) pada East Falkland. Pulau-pulau yang berpemerintahan sendiri, tetapi kepulauan itu adalah wilayah Inggris, yang bertanggung jawab untuk pertahanan dan urusan luar negeri. Portugal, Spanyol, dan Inggris semua mengklaim telah menemukan pulau di abad ke-16; telah ada pemukiman Prancis, Inggris, Spanyol, dan Argentina.
Inggris mendirikan kontrol pada 1833 dan Argentina telah membantah klaim tersebut sejak, berhasil menyerang pulau-pulau selama dua bulan pada tahun 1982 dalam apa yang secara tidak resmi dikenal sebagai Perang Falklands.
Bulan lalu, Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon mengatakan bahwa Inggris berencana untuk menambah kekuatan pertahanan pulau. Argentina juga telah meningkatkan kampanye untuk mendapatkan apa yang mereka sebut “Las Malvinas”.
IMIA / KARDAK
imia-greecekardak-turkey-island
Diklaim oleh Yunani dan Turki Imia / Kardak adalah sepasang pulau kecil tak berpenghuni di Laut Aegean yang ada di antara rantai pulau Yunani dan pantai barat Turki. Pada tanggal 27 Desember 1995, Kementerian Luar Negeri Turki secara resmi menyatakan pulau wilayah Turki. Bulan berikutnya, kapal perang dari kedua Turki dan Yunani berlayar ke pulau sebagai pasukan khusus dari Yunani mendarat di pulau timur dan pasukan khusus dari Turki mendarat di pulau barat, baik terdeteksi, menaikkan bendera masing-masing.
PULAU NAVASSA
navassa-island
Diklaim AS dan Haiti. Navassa Island adalah sekitar 2 mil persegi dan terletak 100 mil sebelah selatan dari Teluk Guantanamo, Kuba. Ini diklaim untuk AS pada 19 September 1857, oleh kapten laut Peter Duncan, meskipun Haiti sebelumnya telah mengklaim.
Pulau ini kaya guano, sehingga sekitar 1.865 AS membangun fasilitas tambang dengan perumahan untuk buruh kontrak 140, rumah untuk supervisor, toko pandai besi, gudang, dan gereja. Pulau ini telah dihuni sejak akhir Perang Dunia II dan telah menjadi tanggung jawab administratif beberapa lembaga AS, termasuk Coast Guard, Departemen Dalam Negeri, dan yang terbaru adalah Fish and Wildlife Service, yang membuat Navassa Pulau sebuah National Wildlife Refuge.
Sebuah ekspedisi ilmiah 1998 yang dipimpin oleh Pusat Konservasi Laut menggambarkan Navassa sebagai “mempertahankan unik keanekaragaman hayati Karibia.
PULAU PEREJIL
perejil-island
Diklaim oleh Spanyol dan Maroko. Pulau Perejil terletak di dalam wilayah perairan Maroko, hanya 220 kilometer lepas pantai Maroko di Selat Gibraltar, tetapi telah wilayah Spanyol sejak 1668. Pulau berbatu kecil kadang-kadang digunakan oleh Maroko lokal sebagai padang rumput kambing.
Pada tahun 2002, Maroko mengirim selusin tentara untuk menduduki pulau tak berpenghuni. Tentara Spanyol kemudian mengusir mereka dan didirikan kembali bendera Spanyol tanpa insiden. Pulau ini sekarang sepi tapi dipantau oleh kedua negara.
MACHIAS SEAL ISLAND DAN NORTH ROCK
machias-seal-island-and-north-rock
Diklaim AS dan Kanada. Machias Seal Island terletak di Teluk Maine, sekitar 10 mil sebelah tenggara dari Maine dan 12 mil barat daya dari New Brunswick. Baik AS dan Kanada mengklaim kepemilikan itu, serta tetangga North Rock.
Pulau itu saat ini ditunjuk sebagai Machias Seal Island Migratory Bird Sanctuary dan dikelola oleh Canadian Wildlife Service. Canadian Coast Guard staf mercusuar di pulau; sampai tahun 1980-an penjaga mercusuar akan hidup di pulau dengan keluarga mereka dan menerima pasokan laut.
PULAU VUKOVAR DAN PULAU ŠARENGRAD
island-of-vukovar-and-island-of-arengrad
Diklaim oleh Kroasia dan Serbia. Kedua Pulau Šarengrad dan Pulau Vukovar terletak di Sungai Danube di perbatasan Kroasia dan Serbia. Ketika Yugoslavia ada, kedua pulau itu bagian dari Kroasia. Tapi selama Perang Kroasia Kemerdekaan (1991-1995), milisi Serbia menduduki pulau-pulau.
Pada tahun 2004, Serbia menarik pasukannya dari pulau-pulau tapi menggantinya dengan polisi. Kroasia bisa pergi ke pulau-pulau, tetapi kepemilikan tanah Kroasia tidak diakui oleh Serbia.Pulau-pulau yang dibuka untuk tujuan rekreasi pada tahun 2009, namun Serbia masih mengklaim pulau-pulau karena mereka lebih dekat ke pantai Serbia.

KEPULAUAN GLORIOSO, BASSAS DA INDIA, DAN JUAN DE NOVA
glorioso-islands-bassas-da-india-and-juan-de-nova-island
Diklaim oleh Perancis dan Madagaskar. Kepulauan Glorioso menjadi milik Perancis pada tahun 1892, tapi pertama kali diberi nama dan menetap pada tahun 1880 oleh Perancis Hippolyte Caltaux (yang mendirikan perkebunan kelapa). Hari Nusantara adalah cagar alam dengan stasiun meteorologi garrisoned oleh Legiun Asing Perancis.
Pada tahun 1897, Perancis menguasai Bassas da India, sebuah atol tak berpenghuni yang dikenal sebagai bahaya kapal karam. Pada tahun 1968, Perancis ditempatkan di bawah administrasi komisaris yang berada di pulau Réunion, yang merupakan wilayah terluar dari Uni Eropa dan berfungsi sebagai departemen luar negeri Perancis.
Juan de Nova Island (berada di bawah kendali Perancis pada tahun 1897 dan dimanfaatkan untuk deposito guano di abad ke-20 sebelum ditinggalkan selama Perang Dunia II. Hal ini dianggap sebagai burung Penting di Area oleh BirdLife International karena mendukung hingga 100.000 pasang perkembangbiakan Sooty Dara Laut. Madagaskar mengklaim kedaulatan atas wilayah.
PULAU SWAINS
swains-island
Diklaim oleh AS dan Selandia Baru. Swains Island adalah utara atol dari Samoa di Samudra Pasifik yang dianggap sebagai wilayah tak berhubungan terorganisir dari AS dan dikelola oleh Samoa Amerika. Ini adalah bagian dari rantai Tokelau, yang merupakan wilayah Selandia Baru. Swains Island memiliki populasi 37 Tokelauans yang memanen kelapa di pulau itu.
Pada tahun 1856, Eli Hutchinson Jennings, dan Amerika, mengaku telah menerima judul untuk atol dari Kapten Turnbull dari Inggris dan bergabung dengan komunitas Swains dengan istrinya Samoa. Ia mendirikan perkebunan kelapa dan keluarga Jennings memerintah Swains Pulau hampir independen dari otoritas luar dari 1856 sampai 1925, ketika pulau berada di bawah yurisdiksi Samoa Amerika.Pada tanggal 25 Maret 1981, Selandia Baru menegaskan US kedaulatan atas Pulau Swains dalam Perjanjian Tokehega, tetapi referendum 2006 disebut Swains Pulau sebagai bagian dari Tokelau (yaitu New Zealand).
Sumber: Business Insider

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minum Soda atau Sprite Benar kah Mencegah Kehamilan?

Jangan Mau Gabung Smart In Pays(SIP) Pasti Menyesal - MLM Lagi

Kelebihan dan kekurangan Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta

3 DINASTI CHINA PALING KUAT

Apa itu Dresscode Smart Casual, Tips Pakaian Smart Casual Pria Wanita

Ukuran Kertas Standar ISO dalam unit cm (centimeter) dan Inch (Inci)

Pengertian Perbedaan Domain (COM, CO.ID, NET, ORG, WEB, GOV, BIZ, dan lainnya)

Benarkah Buddha Perintahkan Sembah Yesus Kristus ?

5 PERANG PALING MENGERIKAN SEPANJANG SEJARAH

5 RUDAL ANTI-KAPAL PALING MEMATIKAN DALAM SEJARAH