Apa itu Dresscode Smart Casual, Tips Pakaian Smart Casual Pria Wanita


Sudah layaknya kita berpakaian sesuai waktu dan tempat, juga aturan berbusana.

Aturan berbusana ini adalah peraturan tertulis maupun tidak mengenai cara berpakaian. Istilah populernya, dress code.

Kompas.com melansir, salah satu aturan berpakaian yang sering berlaku adalah smart casual. Biasanya ini berlaku di kantor, atau untuk acara yang berhubungan dengan bisnis maupun urusan akademis.

Maksud dari smart casual adalah, penampilan mencerminkan Anda seorang profesional walaupun busana pilihan Anda terkesan santai.

"Dress code ini memadukan elemen dari dress code lain menjadi satu kesatuan yang baik," kata Darlene Price dikutip Business Insider.

Ia mencontohkan, paduan celana panjang longgar dengan blus rapi, jaket dan scarf. Bisa juga celana bahan dengan kemeja berkancing dan jaket bergaya sporty.

Panduan detail untuk laki-laki maupun perempuan tersedia dalam infografik.

Business Casual

Aturan berpakaian ini serupa dengan smart casual. Menurut Entrepreneur, pakaian yang biasa kita kenakan ke kantor --pada umumnya-- masuk kategori aturan berpakaian ini.

Bagi pria, celana khaki dengan kemeja berkerah, sepatu pantofel. Untuk perempuan, celana bahan atau rok dipadankan dengan blus bergaya. Sepatu hak tinggi dan aksesoris bisa jadi pendamping.

APAKAH Anda dilanda kesulitan menerjemahkan “dress code” yang tertera di undangan acara di mana bertuliskan smart casual dressing? Ikuti tip ini!

Smart casual dressing kerap dikenal sebagai kode tampilan santai dan biasanya “dress code” ini paling disukai karena dapat masuk dalam segala sisi acara, baik yang sifatnya formal di kantor, acara simposium, akademisi, hingga kegiatan sekolah sekalipun. Secara umum, fungsi tampilan ini sebenarnya adalah membuat kombinasi antara tampilan kasual dan juga “fashionable” dengan sentuhan sederhana, namun lebih modern sehingga terlihat menarik. Lalu, bagaimana cara menerjemahkannya? Berikut panduannya, seperti dikutip Ehow.

Untuk Pria

- Menggunakan atasan

Smart casual dressing untuk pria bisa diterjemahkan dengan tampilan mengenakan kemeja berkerah atau mengenakan jaket ketika cuaca memang sedang tidak memungkinkan. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa pada sesi ini tidak ada penggunaan aksen dasi karena temanya adalah kasual.

- Menggunakan celana

Dalam pemilihan celana, para pria dapat memilih celana dengan warna khaki sebagai tampilan andalan. Selain warna tersebut, warna hitam, putih, dan cokelat menjadi warna favorit. Ingat, jins tidak menjadi pilihan busana dalam hal ini. Jadi, biarpun judulnya kasual, sebaiknya hindari penggunaan jins.

- Menggunakan sepatu
Gunakan sepatu berwarna gelap seperti cokelat, hitam, atau abu-abu dan hindari penggunaan sepatu kets.

Untuk Wanita

- Menggunakan atasan

Bagi wanita, arah mode ini sedikit bersifat fleksibel ketimbang pria. Wanita dapat menuangkan ide tema busana “smart casual dressing” dalam padanan blus atau busana rajutan atau menggunakan sweater, cardigan, atau jaket ketika cuaca dingin melanda.

- Menggunakan bawahan

Untuk membuat tampilan menarik, sebaiknya wanita mengenakan celana berwarna khaki atau gaun hitam dan rok selutut. Sama halnya dengan pria, pemakaian jins sangat tidak disarankan.

- Menggunakan sepatu

Untuk wanita, sepatu flat atau memiliki hak rendah bisa menjadi referensi pilihan menarik dalam tampilan gaya kasual Anda.

Tips:

Secara keseluruhan, hal yang perlu diingat dalam tampilan “smart casual dressing” adalah penampilan harus dibuat sesederhana mungkin dan kunci yang perlu dikedepankan, yakni tampillah rapi dalam penampilan Anda tetapi nyaman dilihat. Ingat, pemakaian yang tidak disarankan adalah penggunaan sepatu kets atau celana jins.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minum Soda atau Sprite Benar kah Mencegah Kehamilan?

Jangan Mau Gabung Smart In Pays(SIP) Pasti Menyesal - MLM Lagi

Kelebihan dan kekurangan Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta

3 DINASTI CHINA PALING KUAT

Ukuran Kertas Standar ISO dalam unit cm (centimeter) dan Inch (Inci)

Pengertian Perbedaan Domain (COM, CO.ID, NET, ORG, WEB, GOV, BIZ, dan lainnya)

Benarkah Buddha Perintahkan Sembah Yesus Kristus ?

5 PERANG PALING MENGERIKAN SEPANJANG SEJARAH

5 RUDAL ANTI-KAPAL PALING MEMATIKAN DALAM SEJARAH