5 RUDAL ANTI-KAPAL PALING MEMATIKAN DALAM SEJARAH


Setelah puluhan tahun inovasi yang cepat, akhir Perang Dingin dan Perang Global Teror menghentikan pengembangan rudal anti-kapal di Barat. Mereka fokus pada operasi darat di Timur Tengah dan Asia Tengah dan menjadikan angkatan laut Barat kurang relevansi dalam pertempuran.



Akibatnya, angkatan laut mengadopsi penekanan terhadap pendukung pasukan darat dan beroperasi di zona pesisir.  Perang kapal ke kapal perang dikurangi menjadi penghancur 9.000 ton menghadapi 2-ton bajak laut perahu.

Tetapi meningkatnya ketegangan dengan China dan Rusia membuat perang angkatan laut dan kapal ke kapal akan kembali menjadi potensi. Dengan demikian kebutuhan untuk menjangkau dan menenggelamkan kapal musuh menjadi penting.

Sebuah rudal anti-kapal atau anti-ship missiles (ASM) generasi baru kembali menjadi kebutuhan dan pembangunannya kembali menjadi prioritas. Siluman, supersonik dan otonom, rudal ini mahir menghindari pertahanan dan berburu kapal individu. Dan inilah lima rudal anti-kapal yang paling mematikan dalam sejarah

 1. BRAHMOS


Brahmos berasal dari singkatan Brahmaputra dan Moskow Rivers. Rudal ini memang dibangun bersama India dan Rusia. Dikembangkan mulai 1990-an dan awal 2000-an, Brahmos merupakan salah satu dari beberapa rudal anti-kapal yang dibangun selama ini dan saat ini dalam pelayanan dengan Angkatan Bersenjata India.



Brahmos adalah rudal ketinggian rendah tercepat di dunia. Rudal ini memiliki dua tahap: pertama, terdiri dari roket berbahan bakar padat yang akan mendorong Brahmos ke kecepatan supersonik. Tahap kedua, ramjet berbahan bakar cair, mempercepat hingga Mach 2,8. Rudal mampu terbang rendah 10 meter di atas permukaan, sehingga dikenal sebagai ” sea skimmer”. Rudal ini memiliki jangkauan sekitar 290 kilometer.

Rudal ini sangat serbaguna, mampu dibawa oleh kapal permukaan, baterai rudal anti-kapal darat, dan pesawat seperti Angkatan Udara India Su-30MK1. Versi-udara diluncurkan memiliki jangkauan lebih dari 500 kilometer. Sebuah versi berbasis kapal selam sedang dipertimbangkan namun belum dikembangkan karena kurangnya minat.

Brahmos memiliki kekuatan hantam cukup tinggi. Untuk yang berbasis tanah dan versi kapal dipersenjatai dengan hulu ledak 200 kilogram, sedangkan versi pesawat memiliki hulu ledak 300 kilogram. Bahkan tanpa hulu ledak, Brahmos pada Mach 2,8 akan memberi energi kinetik yang luar biasa pada target.

Brahmos menggunakan kecepatan tinggi, desain sembunyi, dan kemampuan skimming laut untuk menghindari pertahanan udara musuh. Kecepatan rudal dari Mach 2,8 diterjemahkan menjadi 952 meter per detik. Dengan asumsi radar dipasang pada ketinggian 20 meter, Brahmos akan terdeteksi pada kisaran 27 kilometer. Artinya musuh hanya memiliki waktu 28 detik untuk melacak, mendeteksi dan menembak jatuh Brahmos sebelum menghantam kapal.

2. LRASM


AS Angkatan Laut membutuhkan rudal anti-kapal baru. Rudal yang ada saat ini yakni Harpoon, diperkenalkan pada tahun 1977. Salah satu ASM terbaik dari Perang Dingin. Namun karena sudah lanjut usia Harpoon saat ini menjadi rudal yang biasa-biasa saja.



The Long-Range Anti-Ship Missile, atau LRASM, adalah kandidat utama untuk menggantikan Harpoon. LRASM adalah varian dari rudal jelajah JASSM-ER Angkatan Udara AS dengan perubahan banyak fitur desain. Dibangun oleh Lockheed Martin, JASSM-ER adalah rudal tersembunyi, dengan jangkauan 500 kilometer. JASSM-ER dirancang untuk mendeteksi secara mandiri target serangan didasarkan pada profil upload. Hal ini dapat memberikan £ 1.000 hulu ledak menembus ke dalam tiga meter dari target, dan mampu dibawa oleh sebagian besar pesawat tempur Angkatan Udara AS.

LRASM mengambil taktik yang berbeda dari rudal seperti Brahmos. Alih-alih mencapai angka Mach tinggi untuk membuat rudal lebih survivable terhadap ancaman pertahanan udara, LRASM berada di kecepatan subsonik dan menggunakan stealth dan keputusan otonom untuk menghindari pertahanan kapal. LRASM akan mengidentifikasi target nilai tinggi sendiri untuk dihantam.

LRASM diharapkan memiliki jangkauan yang mirip dengan JASSM-ER. Dibandingkan dengan Harpoon yang hanya 67 mil, diperkirakan berkisar 500 mil LRASM yang jauh akan memperbesar jangkauan keterlibatan udara dan platform kapal Angkatan Laut AS.

Tidak seperti Harpoon, LRASM cocok di Mk. 41 silo sistem peluncuran vertikal kapal penjelajah kelas Ticonderoga dan kapal perusak Burke dan Mk. 57 silo di kapal kelas Zumwalt baru. Hal ini akan memungkinkan kapal secara individu untuk membawa lebih banyak rudal anti-kapal dari sebelumnya, meskipun ini akan berdampak pada jumlah rudal lain, seperti SM-6 rudal dan ASROC anti-kapal selam roket permukaan-ke-udara, di kapal keseluruhan persediaan barang.

 3. CLUB (VARIA 3M-54E1)


Rudal anti-kapal yang digunakan oleh Angkatan Laut Rusia. Club sebenarnya adalah keluarga senjata berbagi rudal. Ini adalah sebuah sistem senjata serbaguna dengan varian anti-kapal (3M-54E1), serangan darat, dan misi anti-kapal selam. Klub telah diekspor ke Aljazair, China, dan India.



Ada empat versi. Klub-S dirancang untuk diluncurkan dari tabung torpedo diameter 533mm, standar untuk kapal selam di seluruh dunia. Klub-N dirancang untuk diluncurkan dari kapal permukaan, Klub M diluncurkan dari darat, dan klub K dipecat dari disamarkan dengan pengiriman kontainer.

Club memiliki tahap pertama berbahan bakar padat, yang melepas rudal dari peluncur dan mendorong naik ke ketinggian jelajah. Setelah tahap pertama terbakar dilanjutkan tendangan mesin turbofan. Versi terbaru anti-kapal, 3M-54E1, diarahkan ke target oleh radar pencari aktif, GLONASS penargetan global positioning system, dan sistem navigasi internal. Hulu ledak 3M-54E1 yang berat £ 881.

Secara teknis rudal jelajah, 3M-54E1 akan bisa mencapai laju 0,8 Mach di ketinggian 10-15 meter. Beberapa versi mempercepat menjadi 2,9 Mach penerbangan supersonik selama tahap terminal mempersingkat waktu reaksi musuh pertahanan anti-rudal.

Jangkauan maksimum 3M-54E1 adalah 300 kilometer, atau 186 mil. Kemampuan ini sesuai dengan Missile Technology Control Regime (MCTR) yakni perjanjian nonproliferasi yang dirancang untuk membatasi jangkauan rudal berkemampuan nuklir, yang ditandatangani Rusia.

4. XASM-3


Doktrin militer Jepang yang defensif ketat telah mendorong kebutuhan ASM untuk mempersenjatai kapal, pesawat terbang dan baterai darat tidak besar. Jepang telah merancang dan diproduksi dua generasi rudal anti-kapal yang pas dengan profil ini, tetapi generasi ketiga kemungkinan akan menjadi permulaan perubahan yang radikal dari desain sebelumnya.



XASM-3 adalah rudal anti-kapal yang saat ini sedang dikembangkan bersama oleh Pemerintah Jepang dan Mitsubishi Heavy Industries (MHI). Meskipun relatif sedikit yang diketahui tentang rudal pada titik ini, jika dimasukkan ke dalam produksi itu akan mewakili lompatan besar atas kemampuan Pasukan Bela Diri Jepang.

XASM-3 akan menjadi rudal hipersonik, sebuah roket berbahan bakar padat dengan ramjet terintegrasi beroperasi pada kecepatan hingga Mach 5. Rudal ini dirancang untuk berkemampuan siluman. Seperti Brahmos, XASM-3 akan menggunakan kecepatan untuk tidak memberi waktu musuh bereaksi. Menggunakan parameter keterlibatan sama seperti Brahmos, XASM-3 akan memungkinkan lawan hanya memiliki waktu 15 detik untuk membela diri..

XASM-3 memiliki dua pencari terintegrasi aktif dan pasif. Rudal ini memiliki berat £ 1.900, dengan ukuran hulu ledak saat ini belum diketahui. Rudalini diharapkan memiliki jangkauan lebih dari 120 mil.

Rudal akan dibawa jet tempur buatan dalam negeri F-2. Operator lain yang mungkin adalah Kawasaki P-1 pesawat patroli maritim dan F-35A Jepang. Tetapi XASM-3 kemungkinan besar tidak akan muat di teluk senjata dalam F-35 dan harus dilakukan secara eksternal. Risikonya  F-35 lebih mudah untuk dideteksi.

Pengembangan XASM-3 dimulai pada tahun 2002, dan diperkirakan akan berakhir pada tahun 2016 atau mundru enam tahun.

 5. NAVAL STRIKE MISSILE



Sebuah rudal anti-kapal baru yang dirancang oleh Norwegia Kongsberg, Naval Strike Rudal disebut-sebut oleh perusahaan sebagai rudal anti-kapal generasi kelima pertama di dunia.



NSM memanfaatkan roket pendorong untuk peluncuran awal, setelah itu transit ke mesin turbofan. Rudal akan terbang rendah di permukaan laut yakni kurang dari 10 meter di atas wavetops. Kecepatan dilaporkan subsonik tapi cenderung tinggi.

Radar rudal sebagai “sepenuhnya pasif,” yang berarti tidak menggunakan sensor aktif untuk melacak target. NSM tidak memancarkan infra merah atau radar gelombang yang bisa dideteksi oleh kapal-kapal musuh. Beratnya di 410 kilogram, NSM lebih kecil dari rudal lain di daftar ini. Rudal ini memiliki jangkauan 185 kilometer dan membawa hulu ledak 125 kilogram.

NSM saat ini dalam pelayanan dengan kapal rudal kelas Skjold Angkatan Laut Norwegia dan kapal kelas Nansen Fritjof. NSM juga dioperasikan oleh Angkatan Darat Polandia sebagai artileri pantai.

Pada bulan Oktober 2014, Angkatan Laut Amerika Serikat menguji Naval Strike Missile dari dek kapal tempur pesisir USS Coronado. Tes itu sukses, dengan hit langsung pada target simulasi. Tes ini merupakan bagian dari Program Kompetitif Pengujian Asing Angkatan Laut dan tidak berarti Angkatan Laut akan mengakuisisi NSM.

Sebuah versi dari Naval Strike Missile, Joint Strike Missile, saat ini sedang dalam pembangunan. JSM akan mampu baik untuk misi serangan udara ke darat dan anti-kapal, dan akan cocok dengan teluk senjata internal F-35 Joint Strike Fighter Rudal ini juga akan sesuai standar 533mm kapal selam torpedo tube. JSM dijadwalkan akan mulai beroperasi pada 2023.


Komentar

  1. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang.
    penjual es kuter kelilin tiap hari. pendapatannya tidak seberapa dan.
    tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya. suatu hari saya dapat.
    informasi dari teman bahwa MBAH SUJARWO bisa membantu melalui pesugihan dana gaib.
    akhirnya saya bergabung sama beliau dan alhamdulillah memanG bener-bener terbukti .
    saya sangat berterimakasih banyak kpd MBAH SUJARWO.atas bantuan MBAH saya sekarang.
    sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka.
    usaha matrial dan butik pakaian muslim.
    Jika anda mau buktikan
    silahkan bergabung sama Mbah Sujarwo
    Di:http://sitogelsgp.blogspot.com Atau siapa tau mau di bantu jg melalui pesugihan dana gaib silakang klik di: https://pesugihanparanormal.wordpress.com atau tlp di nmr:0823-2424-4298
    Saya sudah buktikan dan alhamdulillah kehidupan saya sekarang sudah jauh lebih baik dari sebelumnya....!!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Ingatlah untuk selalu memberikan komentar yang sopan dan bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Minum Soda atau Sprite Benar kah Mencegah Kehamilan?

Jangan Mau Gabung Smart In Pays(SIP) Pasti Menyesal - MLM Lagi

Kelebihan dan kekurangan Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta

3 DINASTI CHINA PALING KUAT

Apa itu Dresscode Smart Casual, Tips Pakaian Smart Casual Pria Wanita

Ukuran Kertas Standar ISO dalam unit cm (centimeter) dan Inch (Inci)

Pengertian Perbedaan Domain (COM, CO.ID, NET, ORG, WEB, GOV, BIZ, dan lainnya)

Benarkah Buddha Perintahkan Sembah Yesus Kristus ?

5 PERANG PALING MENGERIKAN SEPANJANG SEJARAH