3 DINASTI CHINA PALING KUAT


Jika bicara soal peradaban tua, China adalah salah satunya. Bangsa ini telah melewati begitu panjang sejarah hingga membentuk peradaban yang ada sekarang ini. Bertentangan dengan persepsi umum dari China yang secara historis terisolasi dan lemah, banyak dinasti China yang sangat kuat dan telah memiliki pengaruh besar sejarah global. Bahkan selama Dinasti Ming (1405-1433), kapal China telah melakukan beberapa pelayaran eksplorasi sebelum tiba-tiba berhenti. Tapi ini tidak berpengaruh pada ekonomi dan politik China yang memegang sebagian besar sejarahnya di Timur, Tenggara, dan Asia Tengah. Walaupun orang-orang dari daerah ini mengejar kepentingan mereka sendiri tetapi China selalu kekuatan utama yang harus dihadapi. Meskipun demikian, tidak semua dinasti China menciptakan sejarah. Dan berikut tiga dinasti terkuat China yang memberi banyak pengaruh



 1. DINASTI HAN


Dinasti Han memerintah China selama empat abad, dari 206 SM-220 M. Meskipun Dinasti Qin yang berkuasa sebelumnya menjadikan China bersatu, Dinasti Han membuat lebih maju dengan mengembangkan institusi yang menandai sebagian besar sejarah China.



Dinasti Han mampu mempertahankan birokrasi dan militer melalui sistem yang lebih efisien dan menyeluruh dibandingkan banyak kerajaan kontemporer. Selain itu, untuk meningkatkan pendapatan, Han menciptakan monopoli pada besi dan garam. Monopoli garam telah menjadi sumber tradisional pendapatan untuk negara China sejak itu, salah satu yang sepertinya masih berlangsung hingga 2014.

Pundi-pundi besar Han memungkinkan mereka untuk memperluas batas-batas China keluar dari jantung tradisional di lembah Sungai Kuning menuju apa yang sekarang China selatan. Wilayah ini nantinya terbukti sangat penting untuk China di masa depan karena dapat mendukung populasi besar melalui tanaman padi. Sebagian berkat kekayaan China selatan, pengembangan sosial politik China lebih besar dari tetangganya, yang memungkinkan China untuk dengan mudah mengalahkan mereka.

Satu pengecualian untuk ini, bagaimanapun, adalah masalah-abadi China yaitu orang-orang nomaden ke utara. Selama Han, mereka menghadapi orang-orang Xiongnu yang terus melakukan serangan. Dan inilah yanag mengharuskan dimulainya pembangunan Tembok Besar  pada era Dinasti Qin. Selama Dinasti Han, China berusaha untuk mengepung musuh-musuhnya, yang menyebabkan sebuah ekspedisi ke arah barat yang hari ini dikenal dengan Xinjiang dan Central Asia.


Proses ini menjadikan China untuk pertama kalinya bersentuhan dengan peradaban lain, perkembangan mengejutkan orang China yang selama ini menganggap dirinya sebagai satu-satunya negara. China menjadi sadar ada peradaban India, Bactrians, Sogdians, Persia, dan banyak lagi. Hal inilah yang diperkirakan telah mendorong pengembangan rute perdagangan yang kemudian akan disebut sebagai Jalan Sutra.

Untuk mengontrol rute perdagangan dan mengepung musuh-musuh mereka, pasukan China menduduki Xinjiang selama beberapa dekade, yang memungkinkan mereka untuk mengembangkan pengaruh mereka dalam ke barat. Buddhisme juga masuk China melalui rute ini.

 2. DINASTI TANG


Setelah Dinasti Han runtuh karena perang saudara, China memasuki masa perpecahan sampai bersatu kembali oleh Dinasti Sui, yang kemudian digantikan oleh Dinasti Tang, yang memerintah China 618-907. Dinasti Tang adalah salah satu dinasti China yang paling kosmopolitan dan sopan, membuka China untuk pengaruh asing. Dinasti Tang juga dinasti terbesar dan paling kuat dalam sejarah China dan dianggap sebagai zaman keemasan kekaisaran China.



Penduduk pada era dari Dinasti Tang diperkirakan telah sekitar 80 juta orang, memungkinkan untuk benar-benar mendominasi tetangganya. Selama ini, China terus memperluas pengaruh ke timur laut dan selatan, menggabungkan Manchuria dan Vietnam. Selama periode ini banyak masyarakat negara lain yang dikembangkan di bawah pengaruh China, termasuk Korea, Jepang, dan Tibet. Periode ini menjadi pembentukan sistem negara sungai untuk sebagian besar dari bawah Han. Meskipun mereka tidak menutup kemungkinan Tibet, Tang adalah dinasti China pertama yang memberikan pengaruh di dataran tinggi yang sebelumnya cenderung ke tenggara.

Kekuatan militer Tang berhasil karena telah belajar untuk melawan bangsa nomaden seperti stepa dengan berbagai cara. Tang yang tergila-gila kuda, yang sebelumnya relatif langka di China, mengimpor dan mengembangkbiakkan banyak keturunan yang berbeda. Tang juga mempromosikan dan menggunakan jenderal Asia Tengah (keputusan yang kemudian akan kembali menghantui mereka).

dinasti tang

Kekuasaan Tang di Xinjiang dan garnisun didirikan di “Wilayah Barat,” daerah yang berkembang pesat mendominasi seluruh Asia Tengah sampai ke perbatasan Kekaisaran Persia. Sampai kemudian Arab mengalahkan China dalam Pertempuran Talas (751), seolah-olah masa depan Asia Tengah itu ada di China. Banyak negara di dekat wilayah ini seperti Kabul dan Kashmir menjadi bawahan China. China juga melakukan intervensi dalam urusan tetangga dan bahkan di jantung utara India.

Kemudian muncullah pemberontakan An Lushan, seorang jenderal Tang dari Central Asia yang mendeklarasikan dirinya sebagai kaisar. Sampai setengah dari populasi kekaisaran dikabarkan tewas dalam pertempuran, kelaparan dan penyakit yang disebut salah satu sejarah bencana buatan manusia terbesar. Dinasti Tang meski mendapat dukungan dari Tibet dan tentara Turki tapi akhirnya runtuh.

 3. DINASTI QING


Dinasti setelah keruntuhan Tang yang sangat lemah. Hingga Dinasti Ming (1368-1644) ratusan tahun kemudian China kembali bangkit. Namun, Ming dianggap salah satu dinasti China terburuk, China mengalami periode sterilitas intelektual, politik, dan ekonomi di bawah kekuasaannya.



Ming diikuti oleh Qing, yang kemudian dicatat sebagai salah satu dinasti terbesa yang berkuasa dari 1644 ke 1911. Yang  mungkin tampak membingungkan Qing justru sering disalahkan karena membiarkan sistem China runtuh yang kemudian dipermalukan oleh Barat . Hal-hal ini tidak terjadi selama Qing tapi itu tidak mengurangi dari prestasi mereka. Memang, China era ini mempertahankan perbatasan jauh melampaui jantung tradisional, kehilangan wilayah relatif sedikit dibandingkan dengan kerajaan lain dan negara penggantinya modern mereka (seperti Turki dan Iran) dan prestasi ini dapat dikaitkan dengan kebijakan dan penaklukan dari Qing.

Dinasti Qing sebenarnya tidak benar-benar China. Mereka dari Manchu yang setelah mendirikan negara di Manchuria, membiarkan ke China melalui Great Wall oleh pembangkang Ming umum. Mereka kemudian melanjutkan untuk menaklukkan atau mengkooptasi sisa negara. Tidak seperti Mongol, Qing mendirikan negara China gaya lama. Pengenalan tanaman baru dari Amerika juga membantu penduduk China tumbuh menjadi sekitar 400 juta.

Qing adalah negara China pertama yang secara efektif mengontrol wilayah seperti Tibet, Xinjiang, Manchuria, dan Mongolia, daerah pinggiran yang dihuni oleh orang-orang yang selalu mengganggu China. Mereka mampu melakukan hal ini karena sifat ganda mereka baik sebagai negara birokratis kekaisaran China mampu menarik pendapatan agraria, dan sebagai pemimpin konfederasi suku besar utara yang mampu menyerap Mongol suku ke dalam sistem mereka. Mesiu juga membantu Qing, yang memungkinkan mereka untuk memupus kekuatan suku padang.

Diplomasi ahli Qing itu juga bagian dari keberhasilannya. Sebagai contoh, Qing cakap memainkan Rusia dan Inggris selama permainan besar. Tak satu pun dari dua kekuatan ingin yang lain untuk mendapatkan lebih banyak wilayah di Asia Tengah dan dengan demikian senang untuk memimpin China menyimpan sebagian dari kerajaan yang luas sebagai penyangga. Pengaruh China juga meningkat di Asia Tenggara dan Asia Himalaya menjadi lebih besar dibandingkan selama Kekaisaran Qing, karena banyak negara-negara seperti Myanmar, Nepal, Chitral Valley (Pakistan hari ini), dan Siam menjadi bagian dari sistem China.

dinsti qing

Qing bisa melakukannya lebih baik dengan focus pada ancaman dari laut pertama yang datang dari Barat, dan kemudian Jepang. Secara keseluruhan,  Qing berhasil meletakkan dasar kontrol China yang dibawa ke era modern.

Komentar

  1. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/perlawanan-bumi-datar.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/erupsi-4-maskapai-internasional.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/cetak-dua-gol-spaso-ucapkan-terima.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    BalasHapus
  2. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang.
    penjual es kuter kelilin tiap hari. pendapatannya tidak seberapa dan.
    tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya. suatu hari saya dapat.
    informasi dari teman bahwa MBAH SUJARWO bisa membantu melalui pesugihan dana gaib.
    akhirnya saya bergabung sama beliau dan alhamdulillah memanG bener-bener terbukti .
    saya sangat berterimakasih banyak kpd MBAH SUJARWO.atas bantuan MBAH saya sekarang.
    sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka.
    usaha matrial dan butik pakaian muslim.
    Jika anda mau buktikan
    silahkan bergabung sama Mbah Sujarwo
    Di:http://sitogelsgp.blogspot.com Atau siapa tau mau di bantu jg melalui pesugihan dana gaib silakang klik di: https://pesugihanparanormal.wordpress.com atau tlp di nmr:0823-2424-4298
    Saya sudah buktikan dan alhamdulillah kehidupan saya sekarang sudah jauh lebih baik dari sebelumnya....!!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Ingatlah untuk selalu memberikan komentar yang sopan dan bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Minum Soda atau Sprite Benar kah Mencegah Kehamilan?

Jangan Mau Gabung Smart In Pays(SIP) Pasti Menyesal - MLM Lagi

Kelebihan dan kekurangan Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta

Apa itu Dresscode Smart Casual, Tips Pakaian Smart Casual Pria Wanita

Ukuran Kertas Standar ISO dalam unit cm (centimeter) dan Inch (Inci)

Pengertian Perbedaan Domain (COM, CO.ID, NET, ORG, WEB, GOV, BIZ, dan lainnya)

Benarkah Buddha Perintahkan Sembah Yesus Kristus ?

5 PERANG PALING MENGERIKAN SEPANJANG SEJARAH

5 RUDAL ANTI-KAPAL PALING MEMATIKAN DALAM SEJARAH